Wednesday, October 3, 2012

ODP BNI.. wellcome :)

ALhamdulillaaaaahhh..
akhirnya tembus juga ke ODP BNI, lebih tepatnya dengan program ERP (Early Recruitment Program). Awalnya emang belum pernah membayangkan akan jadi pegawai bank - kalau kerja di public services sih iya, tapi ga terlalu mbayangin bakal ke bank- tapi akhirnya mungkin memang di sini tempat yang diberikan oleh Tuhan amiinn.
Well, untuk temen-temen yang mungkin membutuhkan informasi tentang ERP atau ODP nya BNI, aku mau share sedikit ya, sesuai sama apa yang aku tahu.
ERP sendiri sebenernya adalah program BNI untuk menjaring calon lulusan dari beberapa universitas yang ditunjuk. Calon lo yaa..karena tes nya emang diadakan sebelum kita lulus. Dulu aku dapat semacam undangan gitu lewat email untuk ikutan tes, trus aku pikir nggak ada ruginya juga kalau ikut, so i just do it. Beberapa temen juga dapet undangan sih - kebetulan yang diundang waktu itu mahasiswa yang semester 8 dan IPK >3- tapi beberapa takut ikut karena takut itu kedok alias penipuan. Sempet kepikiran juga sih, tapi begitu liat tempat tesnya kok ada di Gedung Grahanya BNI yang jadi pusat di Sby, agak ga masuk akal juga kalau ada orang yang berani nipu tapi pake alamat yang jadi pusatnya BNI. So, mungkin untuk temen-temen yang takut-takut sama undangan kayak gitu lebih dicermati saja, mungkin emang ada oknum yang jahat bikin penipuan berkedok recruitment, tapi pasti banyak juga yang bener-bener berniat rekrut kan :D

Oke, ini nih tahapan-tahapan tesnya ODP BNI :
  1. Tes TOEFL. Yap tahap pertamanya tes TOEFL ini. Yang bisa melampaui target dari BNI untuk tes TOEFL nya akan diloloskan - sori lupa tuntutan skor TOEFLnya berapa, abis udah lama sih hehehe..
  2. Psikotes. Tahap berikutnya psikotes. Tetep dengan sistem gugur sih, tapi waktu itu di tes ini nggak ada yang gugur kok, congratulation! :)
  3. FGD. FGD ini kayak kuis gitu. Jadi kita diberikan sebuah permasalahan yang berhubungan dengan bisnis dan harus bisa memecahkan di dalam sebuah group discussion. satu grup kira-kira 8-9 orang. Selama diskusi, akan ada pihak pengawas yang bertindak sebagai pemberi poin. 
  4. Interview Vendor. Ini interview sama pihak yang dipercaya BNI untuk recruitment. Masih berkaitan sama kasus yang dibahas di FGD sebelumnya.Di sini ada sistem gugurnya juga bloggie. Yang penting tenang, jawab apa adanya, dan jgn lupa senyum (jangan kebanyakan kaleee ntar gigi palsunya copot).
  5. Interview User. Hufff.. ini nih yang paling bikin dagdigdug dhuuueeerrr daaiiii** hehe. Tapi untungnya karena aku sudah pernah interview waktu tes masuk radio dulu, jadi lumayan bisa mengatasi deg-degan (sok-sok an ih haha). Para peserta yang akan diinterview akan diberikan nomer. Nomer ini menunjukkan penguji mana yang nanti akan meng interview. Banyak temen yang nanya apa aja yang ditanyain waktu interview ini, tapi aku malah bingung jawabnya hehe abis kayak ngobrol aja gitu. Diajak ngobrol soal pacar, soal mau nikah umur berap, gitu-gitu. Malah ane nih yang banyak tanya ke interviewer, ada kontrak ga boleh nikah atau gimana. Kayak mau nikah aja guwehhh haha.
  6. Medical Check up. Yippiiieee! akhirnya sampai ke tahap tes terakhir, med check. Ada tes urine, tes darah (ini nih yg bikin cewek-cewek nangis, aku mah drakuli jadi memper aje diambil darah hehe), rontgen paru-paru, cek fisik, dan mata. Yang paling bikin ga bisa lupa ya waktu tes urine, ternyata waktu kita pipis ditungguin sama si mbak laboran nya cin! Ampun dah. Setelah lolos tes ini, selamat..Anda bisa teken kontrak :D
Cheerss baju kerja pertama yang dipunya nih, mesti dipoto hehe

November nanti aku bakan training di Jl.Lada Jakarta kira-kira selama 6 bulan. Yahhh.. walaupun asing banget sama jakarta apalagi jauh, apalagi LDR, hehe tapi tetep harus dijalani. Yang masih bikin deg-deg an itu tentang penempatannya bloggie, seluruh Indonesia. Awalnya sempet ragu-ragu teken kontrak karena ini, untuk pekerjaan aku sih oke, suka sama yang duit-duit gitu -bukan matrek kaliii- suka juga sama penampilan pegawai bank yang rapih-rapih, tapi kok ditempatin di seluruh Indonesia :( . Doain ya blogie sekalian, aku sih penggennya ditempatin di Kediri, enak smaa ortu, bisa minta uang saku sebelum berangkat kerja (eetdaah dikira anak Sd apa).
Sukses buat blogie semuaaa :D

20 comments:

  1. mba sya lulusan ERP jga dr Banjarmasin, training nya udah positif bulan november ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata mas yg dl nelpon sih iya november..
      Salam kenaal yee :D

      Delete
  2. iya salam kenal, heee..
    bdw beasiswa na udah kluar blm mba??
    beasiswa sya ga kluar2 neh, lama bgt nunggunya!!

    ReplyDelete
  3. Mba, aku pengen banget kerja di bni.. tapi tinggi ku kurang mba.. ga nyampe 155.. bisa ga yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk ODP setahuku physically tidak terlalu ditekankan mbak, asalkan kita sehat dan bebas dari drugs

      Delete
  4. mba..waktu psikotest itu brp lama? ada seharian dari pagi ampe sore ga?

    ReplyDelete
  5. Mba mau nanya dong. Kalau misalnya sudah 1 bulan lebih belum ada panggilan untuk interview user gimana ya mba? Itu udah dianggap galulus atau masih diproses bni nya? Makasi mba sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditunggu dulu ya, karena proses pengumumannya bervariasi lamanya

      Delete
  6. Permisi mbak mira. Salam kenal, saya yoga, peserta odp tahun ini yg baru mau mulai pendidikan tp udah khawatir soal penempatan. Hehee. Kalo boleh tau, mbak ditempatkan dimana ya? Kebetulan saya juga asli kediri nih mbak. Hehee. Mohon pencerahannya ya mbak. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai yoga..
      Aku di jkt, semoga kamu ditempatkan di tempat yg terbaik yaa

      Delete
  7. mbak apa bener di kontrak kerja tidak boleh menikah?? mohon jawabannya thanks.

    ReplyDelete
  8. Tdk boleh menikah selama masa in class aja kok, setelah itu just go ahead hehe

    ReplyDelete
  9. Hi mbak mira, salam kenal. Maaf mbak mau tanya, waktu training di bni yg jalan lada, ada fasilitas tempat tinggal atau cari sendiri ya?
    Trims mbak,

    ReplyDelete
  10. Halo mba, saya yara. Saya mau tanya pengalaman sebagai odp bni, untuk penempatan tugas itu dasarnya apa ya mba? Apakah sesuai dengan isian form awal waktu apply? ada nggak mbak dr teman angkatan mbak yang ditempatkan di unit hr? Trims

    ReplyDelete
  11. Halo mba, saya yara. Saya mau tanya pengalaman sebagai odp bni, untuk penempatan tugas itu dasarnya apa ya mba? Apakah sesuai dengan isian form awal waktu apply? ada nggak mbak dr teman angkatan mbak yang ditempatkan di unit hr? Trims

    ReplyDelete
  12. Halo mba, saya yara. Saya mau tanya pengalaman sebagai odp bni, untuk penempatan tugas itu dasarnya apa ya mba? Apakah sesuai dengan isian form awal waktu apply? ada nggak mbak dr teman angkatan mbak yang ditempatkan di unit hr? Trims

    ReplyDelete
  13. mbak, biasanya mulai masa in class odp bulan brp? apa sblm in class udh ada tanda tangan kontrak gitu?

    ReplyDelete
  14. halo mbak, saya acha. mau tanya kalau misal stlh training lalu kita dpt penempatan yg jauh dr domisili.. apakah ada harapan utk bisa dipindah gt mbak? mgkn utk bbrp taun kemudian? dan apakah ada rolling penempatan tiap brp th sekali gt kah kak? terimakasihh

    ReplyDelete